Senin, 17 Desember 2012

Pengertian atom

 

Pengertian Atom

           Atom adalah bagian terkecil dari suatu zat / unsur yang tidak dapat dibagi-bagi lagiu dengan cara reaksi kimia biasa. Atom terdiri atas inti atom bermuatan positif (tersusun oleh proton dan neutron), dengan electron sebagai awan yang mengelilingi.
Konsepsi tentang atom itu pertama kali dimunculkan oleh Demokritus (460 – 370 SM). Kemudian, John
Dalton (1766-1844) melaksanakan percobaan yang menunjang pertumbuhan pengertian tentang atom. Teori atom Dalton menerangkan reaksi-reaksi kimia antar zat-zat. Dalton mengemukakan bahwa :
      1. atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dibagi
      2. atom-atom suatu unsur semuanya serupa dan tidak dapat berubah menjadi atom unsur lain
      3. dua atom atau lebih dapat bergabung membentuk suatu molekul
      4. pada reaksi kimia, atom-atom dapat berpisah dan bergabung kembali dengan susunan berbeda,    
          tetapi  massa keseluruhan tetap.

Massa atom

Karena mayoritas massa atom berasal dari proton dan neutron, jumlah keseluruhan partikel ini dalam atom disebut sebagai nomor massa. Massa atom pada keadaan diam sering diekspresikan menggunakan satuan massa atom (u) yang juga disebut dalton (Da). Satuan ini didefinisikan sebagai seperduabelas massa atom karbon-12 netral, yang kira-kira sebesar 1,66 × 10−27 kg.Hidrogen-1 yang merupakan isotop teringan hidrogen memiliki bobot atom 1,007825 u. Atom memiliki massa yang kira-kira sama dengan nomor massanya dikalikan satuan massa atom.Atom stabil yang paling berat adalah timbal-208, dengan massa sebesar 207,9766521 u.

Gagasan ini mendukung hukum kekekalan massa yang dikemukakan Lavoisier (1743-1794) yang berbunyi : “massa zat sebelum dan sesudah reaksi kimia adalah tetap

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar