Jumat, 31 Agustus 2012

Pengertian IPS

IPS terdiri dari 4 bagian yaitu ;
     
 1. Geografi => berasal dari bahasa latin, dan terdiri dari dua kata yaitu geo yang artinya bumi dan gfafein yang artinya gambaran
 2. Ekonomi => berasal dari bahasa yunani yaitu oikos(aturan) dan nomos(rumah tangga)
 3. Sosiologi => berasal dari bahasa latin yaitu sosio(sosial) dan logos(ilmu)
 4.Sejarah => berasal dari bahasa arab yaitu sajaratun yang artinya pohon.

           Salah satu fungsi pengajaran IPS adalah mentransmisikan pengetahuan dan pemahaman tentang masyarakat berupa fakta-fakta dan ide-ide kepada anak.
 1.  Sikap belajarIPS juga bertujuan untuk mengembangkan sikap belajar yang baik. Artinya dengan belajar IPS anak memiliki kemampuan menyelidiki (inkuiri) untuk menemukan ide-ide, konsep-konsep baru sehingga mereka mampu melakukan perspektif untuk masa yang akan datang.
  2. Nilai-nilai sosial dan sikapAnak membutuhkan nilai-nilai untuk menafsirkan fenomena dunia sekitarnya, sehingga mereka mampu melakukan perspektif. Nilai-nilai sosial merupakan unsur penting di dalam pengajaran IPS. Berdasar nilai-nilai sosial yang berkembang dalam masyarakat, maka akan berkembang pula sikap-sikap sosial anak. Faktor keluarga, masyarakat, dan pribadi/tingkah laku guru sendiri besar pengaruhnya terhadapa perkembangan nilai-nilai dan sikap anak.
  3. Keterampilan dasar IPSAnak belajar menggunakan keterampilan dan alat-alat studi sosial, misalnya mencari bukti dengan berpikir ilmiah, keterampilan mempelajari data masyarakat, mempertimbangkan validitas dan relevansi data, mengklasifikasikan dan menafsirkan data-data sosial, dan merumuskan kesimpulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar